Bangil Kota Bordir

Menko Kesra Agung Laksono (tengah) mengunjungi showroom sentra bordir di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan, Rabu (16/7/2014).
PASURUAN - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (MenkoKesra) Agung Laksono memberikan apresiasi atas pengembangan ekonomi kreatif yang tumbuh pesat di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim). Sehingga tepat Kabupaten ini mendapatkan penghargaan Baksyacaraka, yakni pengembangan budaya kreatif guna mendorong pengembangan ekonomi kreatif.

"Kabupaten Pasuruan merupakan satu-satunya kabupaten/kota yang sangat peduli terhadap upaya pengembangan ekonomi kreatif. Selain itu juga dan berkomitmen menurunkan kemiskinan dan pengangguran terbuka," kata Agung saat kunjungan kerja di Showroom Sentra Bordir, Bangil, Rabu (16/7/2014).

Menurutnya, Pemkab Pasuruan dinilai mampu mensinergikan antara stakeholder dan empat aktor utama tercapainya ekonomi kreatif yang mumpuni yakni pemerintah, kalangan bisnis, komunitas kreatif dan cendekiawan. Keempatnya memiliki fungsi berbeda tapi mengerucut pada terciptanya daerah yang kaya akan produk unggulan.

Pemerintah merencanakan anggaran dan regulasi, cendekiawan berfungsi dalam hal pendidikan, pengabdian dan pengembangan penelitian. Sementara pelaku bisnis yang bergerak di bidang peningkatan produksi, distribusi dan komersialisasi, sedangkan komunitas kreatif sebagai inovator, konservator, dan penikmat produk itu sendiri.

"Kemampuan pengolahan harus didorong dengan peran serta pemerintah dalam hal intervensi, regulasi dan fasilitasi. Pemda adalah garda terdepan dalam pengembangan ekonomi masyarakatnya," jelas Agung.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan, kunjungan Menko Kesra merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap perkembangan dunia industri kreatif di Kabupaten Pasuruan.

Selama ini ribuan UKM dan IKM yang tersebar di Kabupaten Pasuruan, telah mampu memasarkan produknya hingga level nasional dan mancanegara.

"Busana bordir, batik dan buah-buah produk dari Kabupaten Pasuruan sudah dipasarkan hingga mancanegara. Kami berharap pertumbuhan UKM dan IKM semakin meningkat pesat pada masa mendatang," kata Irsyad.
Pada kesempatan tersebut, Agung juga memborong produk unggulan Kabupaten Pasuruan. Di antaranya, durian montong Ngembal, Tutur, sambal teri khas nelayan Lekok dan mukenah bordir Bangil. (izz)
http://ekbis.sindonews.com

Berita Terkait

Gladi Bersih LKPJ

Persiapan LKPJ Bupati Pasuruan yang di laksanakan pada hari selasa tanggal 10 April 2018 di Gedung DPRD Pasruruan, yang di hadiri dengan sejumlah DISHUB dan Satpol PP.

Read More

Kegiatan Rapat Pleno Persiapan Haul dan Pembagian santunan anak Yatim

Kegiatan Rapat Pleno Persiapan Haul dan Pembagian santunan anak Yatim majelis Roudlotus Salaf yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Dholam pada hari minggu 8 April 2018 pukul 19.00 WIB. DihadiriRead More

Pantau pelaksanaan ujian UNBK

Pantau pelaksanaan ujian UNBK di Lembaga Pendidikan Kabupaten Pasuruan yang dilaksanakan pada hari senin tanggal 9 April 2018 pukul 10.00 WIB yang dihadiri oleh Camat Bangil. Untuk memantau pelaksanaanRead More

No Comments

Tuliskan Komentar